Sabtu, 10 Januari 2015

Tentang Bata Ringan

Tentang Bata Ringan
Suplier bata ringan
Jenis Bata Ringan

Bata ringan adalah bahan bangunan yang tergolong baru di indonesia, walaupun sebenarnya penggunaan bata ringan telah ada dan diproduksi serta dikembangkan pertama kali di benua eropa yaitu di Swedia sebagai alternatif pengganti kayu sebagai bahan bangunan tepatnya pada tahun 1923, lalu pada akhirnya dikembangkan lagi oleh seorang berkebangsaan Jerman yang bernama Joseph Hebel pada tahun 1943, nama Hebel  inilah yang sekarang digunakan sebagai salah satu merk bata ringan yang sangat terkenal sehingga banyak orang yang menyebut bata ringan AAC dengan sebutan Hebel.
Di Indonesia penggunaan bata ringan mulai dikenal tahun 1995 dimana telah didirikan pabrik di kawasan Jawa Barat tepatnya Karawang. Penggunaan bata ringan di Indonesia terbilang baru karena dominasi bata merah yang sudah dikenal sejak dahulu sebagai produk material bahan bangunan untuk pembuatan dinding rumah, penggunaan batu bata merah di Indonesia sampai saat ini sangat dominan dan sulit dikalahkan oleh bata ringan karena menurut sebagian orang penggunaan batu bata merah memiliki nilai ekonomis yang berharga murah dan sudah akrab digunakan, namun sebenarnya bila dihitung secara real penggunaan batu bata merah dan bata ringan pada akhirnya memiliki niali ekonomis yang sama, hal  ini dikarenakan beberapa faktor penyebabnya yaitu :
1.    Bahan baku, untuk bahan baku batu bata merah hanya terdiri dari lempung tanah dan sedikit capuran semen lalu kemudian dibakar dengan suhu tinggi, kelebihannya yaitu proses pembuatannya cukup mudah namun memerlukan lempung tanah yang merupakan sumber daya alam yang terbatas sehingga kemungkinan lempung tanah yang akan dieksplorasi akan berkurang bahkan habis, sedangkan untuk bata ringan memerlukan beberapa bahan baku alami yaitu pasir silka dan beberapa campuran olahan seperti semen, kapur, gypsum, air dan almunium pasta sebagai bahan pengembangnya.jadi penggunaan bata ringan tidak hanya mengandalkan sumber daya alam langsung sehingga pengembangannya lebih maksimal dan stok bisa tersedia cukup, bahkan saat ini diperoleh kabar telah ditemukan proses pembuatan bata ringan dengan memanfaatkan limbah pabrik sebagai bahan bakunya, wlaupun info ini belum dapat kami telusuri lebih jauh namun ini adalah sebuah kabar gembira yang layak untuk terud mendapat dukungan semua pihak.
2.    Penggunaan dukungan material lain, dalam pembuatan didnding bangunan untuk bata ringan dibutuhkan campuran pasir untuk menempelkan antar bata yang tentu diperlukan biaya lebih untuk pembelian material pasir, sedangkan pada bata ringan untuk perekat antar bata hanya diperlukan semen instan khusus yang disebut mortar thinbed dimana penggunaan 1 sak thinbed mortar berat 50 kg cukup untuk merekatkan bata ringan seukuran 1 m3 yang berisi 83 buah bata ringan.
3.    Ukuran dan waktu, ukuran batu bata merah yang kecil dapat membuat proses pembangunan bisa berlangsung lebih lama yang bisa membuat ongkos pekerja bertambah sedangkan bata ringan karena memiliki ukuran lebih besar maka pengerjaan pembuatan dinding bisa lebih cepat.inilah sebabnya untuk penggunaan bata ringan banyak ditemukan pada pengerjaaan proyek gedung dan bangunan komersil yang memerlukan kecepatan waktu dalam proses pengerjaannya, selain lebih cepat pengerjaannya juga dapat memotong biaya lain seperti upah buruh dan pengurangan biaya belanja pasir.
4.    Tenaga Ahli, untuk membuat bangunan dinding bata merah yang sudah sangat dikenal sehingga kita dengan mudah mencari tukang dalam membuat dinding bangunan, hampir setiap tukang dipastikan memiliki keahlian dalam memasang bata merah sedangkan untuk menempelkan bata ringan walau saat ini sudah banyak yang paham dalam pengerjaan namun masih ada ditemukan tukang yang belum bisa mengerjakan pembuatan dindingnya, namun dengan beberapa kali praktek langsung biasanya tukang sudah lancar menerapkannya.
Pada akhirnya penggunaan material baik batu bata merah maupun bata ringan tergantung anda, karena keduanya memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan, bagi anda yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang bata ringan maupun bata merah bisa menghubungi kami di 082117569323, silakan bertanya tentang batu bata merah maupun bata ringan sebagai bahan pertimbangan sebelum mengerjakan proyek atau bangunan pribadi, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

    INFO!!!

    Flag Counter
    Tips dan Trik Sukses Bisnis Online
    Tips Trik Blog
    PROMO Terbatas!!! Kami adalah distributor Bata Ringan Type AAC setara Hebel. Menjual Bata Ringan AAC Standard. Murah. Siap Kirim. Ukuran : 7,5X20X60 cm 10X20X60 cm Berat normal (kg/m3) : 600 ± 50 Isi /m3 : 7,5 cm : 111 batang 10 cm : 83 batang Tersedia juga ukuran Non-Standard Kondisi : New Pembayaran : Cash (Bayar di tempat) dan transfer bank. Harga LOCO ( Ambil di Pabrik) : - Rp 550.000/M3 ( Untuk seluruh indonesia ) *Lokasi pabrik di kawasan Purwakarta **Harga FRANCO (Pengiriman sampai lokasi) : -Rp.580.000/M3. (Pengiriman seluruh jakarta ) -Rp.580.000/M3 (Pengiriman cibubur) -Rp.590.000/M3 ( Pengiriman Depok dan Bogor) -Rp.560.000/M3 (Pengiriman seluruh Bandung Kota dan Kabupaten) -Rp.720.000/M3 (pengiriman Tasik) -Rp.700.000/M3 (pengiriman Garut) -Rp.650.000/M3 (pengiriman Cirebon) Negoisasi untuk CBD dan COD tergantung kuantiti *Pembayaran cash (barang sampai bayar) / Transfer Bank.

    Cara Pasang Bata Ringan